Daftar Isi:
  • Fitri Dewi Andraini. 2016. Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Edutainment pada Materi Operasi Bilangan Pecahan Di Kelas VII MTsS Babussalam Kumai Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Analisa Fitria., S.Pd., M. Si. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pembelajaran didominasi oleh guru dengan metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa menjadi kurang tertarik pada pelajaran, kemudian timbulnya kejenuhan, rasa bosan, bersikap pasif terhadap pelajaran. Hal itu menunjukkan rendahnya minat belajar siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk menyiasati permasalahan tersebut, perlu adanya perbaikan dan penyempurnaan proses pembelajaran. Metode edutainment adalah suatu proses pembelajaran yang didesain sedemikian rupa, sehingga muatan pendidikan dan hiburan bisa dikombinasikan secara harmonis untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode edutainment pada materi operasi bilangan pecahan di kelas VII MTsS Babussalam Kumai tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode statistika deskriptif dengan jenis penelitian lapangan dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Babussalam Kumai, kemudian diambil sampel dengan menggunakan purposive sampling yaitu kelas VII A. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode edutainment pada materi operasi bilangan pecahan pada tes akhir di kelas VII A berada pada kualifikasi sangat tinggi dan tinggi yaitu 80 % siswa telah memperoleh nilai sesuai dengan KKM ≥ 70.