Pengaruh Penggunaan Media Gambar dan Video Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di Kelas II MIN Pemurus Dalam Banjarmasin
Daftar Isi:
- Sampurna. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Gambar dan Video Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di Kelas II MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. Ani Cahyadi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar bahasa Arab di kelas eksperimen I dan bagaimana pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar bahasa Arab di kelas eksperimen II serta perbandingan hasil belajar bahasa Arab antara kelas eksperimen I dan eksperimen II pada materi warna dan seragam sekolah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Sampel penelitian ini adalah kelas II B sebagai eksperimen I yang menggunakan media gambar dan kelas II A sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan media video. Data kemampuan awal siswa diperoleh dari tes awal dan tes akhir sebagai data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar bahasa Arab di kelas eksperimen I dengan nilai rata-rata yaitu 65,65 dan pengaruh terhadap hasil belajar bahasa Arab di kelas eksperimen II dengan nilai rata-rata yaitu 65,63. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pengaruh terhadap hasil belajar bahasa arab di kelas eksperimen I dengan pengaruh terhadap hasil belajar bahasa Arab di kelas eksperimen II.