Daftar Isi:
  • Kartini. 2016. Penerapan Model Pembelajarang Talking Stick Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin Tahun Pelajran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. M. Sabirin, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kecerdasan Intrapersonal, Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan intrapersonal siswa, hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan intrapersonal siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan eksperimen yaitu pre-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G yang berjumlah 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran talking stick ditinjau dari kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar matematika. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif, uji normalitas, uji Wilcoxon, uji gain, dan uji one sample t test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kecerdasan intrapersonal siswa sebesar 72,47 yakni berada pada kualifikasi baik. Sedangkan rat-rata hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick berada dikualifikasi baik yaitu 76,23 dan terdapat pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan intrapersonal siswa kelas VII G MTs Muhammadiyah 3 Al-Fur’qan Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017.