Daftar Isi:
  • Aulia Ningsih.2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan Pair Cheks Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 3 Kertak Hanyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing : Lathifaturrahmah,M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Snowball Throwing, dan Pair Cheks. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan pair cheks terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VII SMP Negeri 3 Kertak Hanyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode eksperimen yakni metode pre-eksperimental design (One-Group Pretest-Posttest Design). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kertak Hanyar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A SMP Negeri 3 Kertak Hanyar dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai tes hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan pair cheks berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Rata-rata hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan sebesar 80 sedangkan rata-rata test awal siswa sebesar 32,5. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung > ttabel (2,226 > 2,074) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.