Daftar Isi:
  • MUHAMMAD SAPUAN. 2016. keterampilan guru dalam memberikan variasi pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts Al-Istiqamah Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: Dra. Tarwilah, M.Ag Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah keterampilan guru dalam memberikan variasi pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts Al-Istiqamah Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam memberikan variasi pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts Al-Istiqamah Banjarmasin. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Aqidah Akhlak sebanyak 1 orang dan seluruh siswa kelas VII, kelas VII dan kelas IX. Teknik yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tekhnik pengolahan data yang digunakan adalah editing dan interpretasi data kemudian dialisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian di sekolahan dapat disimpulkan bahwaketerampilan guru dalam memberikan variasi pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts Al-Istiqamah Banjarmasin.Terdapatsulitnya siswa dalam menerima pelajaran, karena cara mengajar guru menoton dan terdapat kekurangan pada variasi dalam menggunakan media dan bahan pengajaran karena sebagian fasilitas tidak ada, sehingga kurang efektif dalam memberikan materi yang di ajarkan.