Daftar Isi:
  • Nor’aini. 2016. Pengaruh Kemampuan Inteliigensi dan Task Commitment terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Bapak Hasby Assidiqi S.Pd. M.Si Pengenalan terhadap faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi belajar penting sekali artinya dalam rangka membantu murid dalam mencapai prestasi belajar yang sebaik-baiknya Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, salah satunya adalah intelegensi dan task commitment. Intelegensi adalah salah satu aspek mental yang memiliki fungsi penting didalam aktivitas kehidupan manusia. Hampir pada setiap aktivitasnya, manusia memerlukan kecerdasan, baik dalam menghadapi setiap masalah atau menghadapi tantangan-tantangan kehidupan, maka akan nampak terasa betapa pentingnya peranan intelegensi. Siswa yang memiliki komitmen pada tugas (task commitment) tinggi menunjukkan perilaku yang positif terhadap semua tugas-tugasnya sebagai pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui pengaruh inteligensi terhadap prestasi belajar matematika dan mengetahui pengaruh task commitment terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode asosiatif kausal. Sampel dipilih dengan cara sampilng jenuh dan teknik pengumpulan data angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan kemampuan inteligensi dengan prestasi belajar matematika dan terdapat Pengaruh yang signifikan task commitment dengan prestasi belajar matematika.