Pembelajaran dengan Menggunakan Alat Peraga Tutup Botol, Kartu Bilangan dan Garis Bilangan pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas VII MTs Al-Ikhwan Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017
Daftar Isi:
- Isna Apriyana. 2016. Pembelajaran Dengan Menggunakan Alat Peraga Tutup Botol, Kartu Bilangan Dan Garis Bilangan Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas VII MTs Al-Ikhwan Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Rahmawati, M.Pd.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan alat peraga tutup botol di kelas VII A, pembelajaran dengan menggunakan alat peraga kartu bilangan di kelas VII B dan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga garis bilangan di kelas VII C serta hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga tutup botol, hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga kartu bilangan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga garis bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Ikhwan Banjarmasin dan obyek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Ikhwan Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga tutup botol, kartu bilangan dan garis bilangan terlaksana dengan baik sesuai dengan perencanaan dimulai dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup dan nilai rata-rata tes akhir siswa kelas VII A yang menggunakan alat peraga tutup botol sebesar 79,16 yakni berada pada kualifikasi baik, nilai rata-rata tes akhir siswa kelas VII B yang menggunakan alat peraga kartu bilangan sebesar 79,71 yakni berada pada kualifikasi baik dan nilai rata-rata tes akhir siswa kelas VII C yang menggunakan alat peraga garis bilangan sebesar 81,30 yakni berada pada kualifikasi baik sekali.