Daftar Isi:
  • Mahda Lopia. 2016. Penggunaan Pendekatan Discovery pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV MI Darut Taqwa Kelayan A Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Siti Shalihah, S.Pd,.MS Kata kunci: Pendekatan discovery dan IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pendekatan discovery pada mata pelajaran IPA di Kelas IV MI Darut Taqwa Kelayan A Banjarmasin dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan pendekatan discovery pada mata pelajaran IPA di Kelas IV MI Darut Taqwa Kelayan A Banjarmasin. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru mata pelajaran IPA kelas IV dan 31 siswa kelas IV. Sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan pendekatan discovery pada mata pelajaran IPA di Kelas IV MI Darut Taqwa Kelayan A Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah koleksi data, editing, dan interprestasi. Sedangkan data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk melengkapi uraian dengan mendeskripsikan tentang penggunaan pendekatan discovery. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan pendekatan discovery pada mata pelajaran IPA di kelas IV MI Darut Taqwa Kelayan A Banjarmasin dari segi perencanaan yaitu RPP selalu dibuat oleh guru mata pelajaran IPA kelas IV sebelum pembelajaran dilaksanakan dan dari segi pelaksanaan pembelajarannya sudah cukup baik karena langkah-langkah pendekatan discovery pada pembelajaran IPA sudah sesuai dengan tahapannya, yaitu dari mengamati, menggolongkan, memprediksi, mengukur, menguraikan atau menjelaskan dan menyimpulkan.Sedangkan Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan pendekatan Discovery pada mata pelajaran IPA di kelas IV MI Darut Taqwa Kelayan A Banjarmasin, diantaranya: Faktor tujuan, faktor situasi dan kondisi, faktor fasilitas, faktor guru dan faktor lingkungan