Kemampuan Koneksi Matematis dengan Menggunakan Alat Peraga pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX MTsN 2 Gambut Tahun Pelajaran 2016/2017
Daftar Isi:
- Nurul Mahfuzah. 2016. Kemampuan Koneksi Matematis Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX MTsN 2 Gambut Tahun Pelajaran 2016/2017: skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. M. Sabirin, S.Pd, M.Si Kemampuan koneksi matematis adalah kemampuan siswa untuk mengaitkan antara konsep-konsep matematika secara internal maupun eksternal. Alat dapat mempermudah pemahaman materi sehingga dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan alat peraga dan yang tanpa menggunakan alat peraga pada materi volume bangun ruang sisi lengkung kelas IX MTsN 2 Gambut tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MTsN 2 Gambut. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive yaitu kelas IX A dan IX F. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, kemampuan koneksi matematis siswa di kelas yang tidak menggunakan alat peraga nilai rata-ratanya adalah 75,06 berada pada kualifikasi baik, di kelas yang menggunakan alat peraga nilai rata-ratanya adalah 82 berada pada kualifikasi sangat baik dan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan koneksi matematis siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan alat peraga dengan kemampuan koneksi matematis siswa kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan alat peraga.