Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Menggunakan Model Reciprocal Teaching Materi Matriks di Kelas XI SMK Bina Banua Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017
Daftar Isi:
- Noor Laila. 2016. Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Menggunakan Model Reciprocal Teaching Materi Matriks Di Kelas XI SMK Bina Banua Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Lathifaturrahmah, M.Si Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Reciprocal Teaching, Matriks Berdasarkan pengalaman PPL II peneliti di SMK Bina Banua Banjarmasin, terdapat banyak keluhan dari siswa tentang pelajaran matematika yang dianggap sulit, kurang menarik, dan kurang disukai. Keluhan tersebut secara langsung maupun tidak langsung akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model Reciprocal Teaching, konvensional, dan apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya, serta respon siswa dengan menggunakan Model Reciprocal Teaching dan Konvensional pada materi matriks siswa kelas XI di SMK Bina Banua Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu true eksperimental Postest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Bina Banua Banjarmasin dan penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, dan statistik Inferensial. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) hasil belajar matematika yang diajar dengan menggunakan Model Reciprocal Teaching dalam kategori Baik Sekali. (2) hasil belajar matematika yang diajar dengan menggunakan Model Konvensional berada dalam kategori baik. (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diajar dengan menggunakan Model Reciprocal Teaching dan kelas yang diajar menggunakan Model Konvensional pada materi Matriks siswa kelas XI di SMK Bina Banua Banjarmasin tahun pelajaran 2016/2017. (4) pembelajaran matematika pada materi matriks dengan menggunakan Model Reciprocal Teaching mendapatkan respon dengan kategori sangat baik. (5) pembelajaran matematika pada materi matriks dengan menggunakan Model Konvensional mendapatkan respon dengan kategori baik.