Daftar Isi:
  • Amalia Sholeha. 2016. Penggunaan Metode Mim-Mem (Mimicry-Memorization) Dalam Penguasaan Mufradat Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di MI Al-Istiqamah Kecamatan Banjarmasin Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. Hj. Mila Hasanah, M.Ag. Kata Kunci: penggunaan, metode, mimicry-memorization, Bahasa Arab. Penjajakan awal di MI Al-Istiqamah Banjarmasin didapati bahwa dalam pembelajaran Bahasa Arab guru menggunakan banyak metode dalam melatih keterampilan menulis, mendengar, berbicara, dan membaca. Salah satu metode yang digunakan untuk melatih siswa mendengar dan berbicara adalah metode mimicry-memorization. Dari latar belakang penulis ingin meneliti lebih mendalam tentang penggunaan metode mimicry-memorization dalam mata pelajaran Bahasa Arab di kelas VI MI Al-Istiqamah Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah salah satu orang guru bahasa Arab. Objek penelitian ini adalah penggunaan metode mimicry-memorization dalam penguasaan mufradat pada pembelajaran bahasa Arab di MI Al-Istiqamah Kecamatan Banjarmasin Selatan. Serta faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan metode mimicry-memorization dalam penguasaan mufradat pada pembelajaran bahasa Arab kelas VI di MI Al-Istiqamah Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah koleksi data, editing, tabulating, dan interpretasi data. Kemudian dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yakni memaparkan kejadian yang terjadi di lapangan mengenai penggunaan metode mimicry-memorization dalam penguasaan mufradat pada pembelajaran bahasa Arab di kelas VI MI Al-Istiqamah. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode mimicry-memorization dalam penguasaan mufradat pada pembelajaran bahasa Arab di kelas VI MI Al-Istiqamah, dan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan metode mimicry-memorization dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas VI MI Al-Istiqamah Banjarmasin. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mimicry-memorization dalam penguasaan mufradat pada pembelajaran bahasa Arab di kelas VI MI Al-Istiqamah Banjarmasin meliputi: persiapan guru dalam menggunakan metode mimicry-memorization, pelaksanaan metode mimicry-memorization, dan evaluasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan metode mimicry-memorization dalam penguasaan mufradat pada pembelajaran Bahasa Arab di kelas VI MI Al-Istiqamah Banjarmasin adalah: 1) faktor guru dan 2) faktor siswa.