Pelaksanaan Strategi Tandur dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada Siswa Kelas V di MI Al-Muhajirin Banjarmasin
Daftar Isi:
- Lilis Mariani. 2016. Pelaksanaan Strategi Tandur dalam Pembelajaran Al-quran Hadis pada Siswa Kelas V di MI Al-Muhajirin Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dra.Hj. Rusdiana Husaini, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Tandur, Al-quran Hadis Strategi pembelajaran Tandur merupakan strategi pembelajaran yang dimulai dari tahap tumbuh, alami, namai, demonstrasi, ulangi dan rayakan. Tandur merupakan salah satu strategi pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dalam pembelajaran ini siswa lebih aktif dan banyak berinteraksi dengan teman-temannya karena biasanya siswa lebih terbuka dengan temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi Tandur dalam Pembelajaran Al-quran Hadis pada Siswa kelas V di MI Al-Muhajirin Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru Al-quran Hadis dan seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 21 orang di MI Al-Muhajirin Banjarmasin. Sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan strategi Tandur dalam pembelajaran Al-quran Hadis pada siswa kelas V di MI Al-Muhajirin Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah koleksi data, editing, koding dan interpretasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi Tandur dalam pembelajaran Al-quran Hadis pada siswa kelas V di MI Al-Muhajirin Banjarmasin sudah terlaksana dengan baik. Hal tersebut dapat terlihat dari terlaksananya pelaksanaan strategi Tandur dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada siswa kelas V di MI Al-Muhajirin Banjarmasin meliputi tahap tumbuh, alami, namai, demonstrasi, ulangi dan rayakan sesuai dengan teori yang ada. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan strategi pembelajaran Tandur pada mata pelajaran Al-quran Hadis pada siswa kelas V MI Al-Muhajirin Banjarmasin yaitu faktor guru yang terdiri dari latar pendidikan yang sesuai dan pengalaman mengajar yang relativ, faktor siswa yang terdiri dari minat dan perhatian siswa yang tinggi dan faktor sarana atau fasilitas yang cukup memadai.