Daftar Isi:
  • Eka Ayu Norhidayah. 2016. Penerapan Strategi Artikulasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sullamut Taufiq Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. H. Aswan, M.Pd. Kata Kunci: Penerapan, Strategi, Artikulasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia. Fokus penelitian ini adalah penerapan strategi artikulasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sullamut Taufiq Banjarmasin, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan strategi artikulasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sullamut Taufiq Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni pendekatan yang lebih menekankan analisa terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah dengan mengambil kesimpulan melalui metode induktif yakni umum ke khusus. Subjek penelitian ini yaitu guru Bahasa Indonesia kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sullamut Taufiq Banjarmasin. Objeknya adalah Penerapan Strategi Artikulasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sullamut Taufiq Banjarmasin. Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan Penerapan Strategi Artikulasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sullamut Taufiq Banjarmasin sudah terlaksana dengan baik dan latar belakang pendidikan dan pengalaman pengajar yang mendukung sebagai faktor yang mempengaruhi penerapan strategi artikulasi.