Daftar Isi:
  • Erma Nabilla Rahmah, 2016 Implementasi Metode Cerita dalam Pembelajaran Pembiasaan Akhlak Terpuji Siswa Kelas II di MIN Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing Drs. H. Muhammad Yusuf, M.Fil.I Penelitian ini mendiskripsikan tentang implementasi metode cerita dalam pembelajaran pembiasaan akhlak terpuji siswa kelas II di MIN Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan, dengan rumusan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan pembelajaran membiasakan akhlak terpuji melalui metode cerita pada siswa kelas II di MIN Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas II dan satu orang pendidik mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN Pemurus Dalam, dan objek dari penelitian ini adalah implementasi metode cerita dalam pembelajaran pembiasaan akhlak terpuji. Adapun tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach), adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode cerita pada siswa kelas II di MIN Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan terlaksana dengan baik, dari persiapan guru sebelum melaksanakan pembelajaran yaitu dengan membuat perencanaan yang dimuat dalam RPP. Setelah direncanakan maka selanjutnya ialah tahapan pelaksanaan, yaitu pengimplementasian metode cerita dalam materi pembiasaan akhlak terpuji sudah berjalan sangat baik dan berjalan sesuai apa yang telah direncanakan di dalam RPP. Yang terakhir yaitu tahap evaluasi, pada tahap evaluasi pendidik juga melakukan perencanaan sebelumnya, kemudian pelaksanaan evaluasi yang direncanakan, pengolahan data, setelah data diolah sedemikian rupa maka akan mendapatkan hasil belajar dari peserta didik, lalu tahap terakhir dari evaluasi adalah penggunaan hasil belajar.