Daftar Isi:
  • Salmiah. 2016. Metode Pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandak Daun Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Surawardi, M.Ag Kata Kunci: Metode Pembelajaran dan Alquran Hadis Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan guru dalam Metode Pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandak Daun Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan faktor-faktor yang mempengaruhi metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas terhadap Metode Pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandak Daun Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan faktor-faktor yang mempengaruhi metode pembelajaran. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Alquran Hadis dan siswa kelas V dan obyek penelitian ini adalah Metode Pembelajaran Alquran Hadis pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandak Daun Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandak Daun Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan cukup banyak, yaitu ceramah, demonstrasi, tanya jawab, latihan, pemberian penugasan, dan diskusi. Adapun metode yang paling sering digunakan oleh guru adalah metode ceramah, sedangkan media yang sering digunakan adalah buku panduan dan papan tulis. Dalam memvariasikan metode mengajar, guru menerapkan metode mengajar yang berbeda-beda setiap kali mengajar dari satu pertemuan ke pertemuan lain. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah, faktor guru, peserta didik, sarana dan prasarana, kurikulum, metode dan lingkungan.