Daftar Isi:
  • Khadijah. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dan Tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX MTsN 5 Amuntai Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. M. Sabirin, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) dan tipe think pair share (TPS) pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) dan tipe think pair share (TPS) pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian lapangan dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX MTsN 5 Amuntai. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, yakni kelas IX A sebagai kelas eksperimen I (melalui model pembelajaran kooperatif tipe think talk write) dan kelas IX B sebagai kelas eksperimen II (melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share). Teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata, standar deviasi, varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) berada pada kualifikasi sangat baik, (ii) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berada pada kualifikasi baik, dan (iii) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) dan tipe think pair share (TPS) pada materi bangun ruang sisi lengkung.