Daftar Isi:
  • Lutfhi Anshari. 2016. Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Alqur’an Hadits pada Madrasah Ibtidaiyah Sullamut taufiq Banjarmasin Timur. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. Muhammad Yuseran, M. Pd. Kinerja sebagai tingkat pelaksanaan tugas yang dapat dicapai seseorang dengan menggunakan kemampuan yang ada dan batasan-batasan yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru Alqur’an Hadits dari perencanaan, pelaksaan dan evaluasi pembelajaran serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja guru Alqur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Sullamut Taufiq Kecamatan Banjarmasin Timur. Subjek penelitian ini adalah guru Alqur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Sullamut Taufiq Kecamatan Banjarmasin Timur. Objek penelitian ini adalah kinerja guru Alqur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Sullamut Taufiq Kecamatan Banjarmasin Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan data dan varifikasi data, data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru Alqur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Sullamut Taufiq Kecamatan Banjarmasin Timur tahun pelajaran 2015/2016 dengan skor 3,77 dilihat dari beberapa indikator yaitu pembuatan RPP secara keseluruhan dalam kategori baik sekali (skor 4,00), kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Sullamut Taufiq Kecamatan Banjarmasin Timur selama dua hari, secara keseluruhan dalam kategori baik (skor 3,67), dan kinerja dalam hubungan antar pribadi di Madrasah Ibtidaiyah Sullamut Taufiq Kecamatan Banjarmasin Timur, secara keseluruhan juga dalam kategori baik (skor 3,60). Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru Alqur’an Hadits yaitu latar belakang pendidikan bahwa guru Alqur’an Hadits setelah diteliti mempunyai latar belakang pendidikan sebagai S1 keguruan. Pengalaman mengajarnya kurang lebih 7 tahun. Pendidikan dan pelatihan, guru Alqur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Sullamut Taufiq Kecamatan Banjarmasin Timur telah mengikuti pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kinerja mengajarnya. Suasana iklim yang kurang kondusif, karena partisipasi orang tua yang tidak mendukung serta letak sekolah sangat dekat dengan perumahan masyarakat dan di sekitar sekolah juga terdapat penjualan obat-obatan terlarang, untuk lingkungan dalam sekolah sarana dan prasarana cukup dan memadai untuk pembelajaran di kelas.