Studi Komparasi Strategi Pembelajaran Aktif Firing Line dan Strategi Pembelajaran Aktif Practice-Rehearsal Pairs Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas Ix SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Hayat, Raidatul
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/6948/11/PERNYATAAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6948/2/AWAL.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6948/3/ABSTRAK.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6948/4/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6948/5/BAB%20II.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6948/6/BAB%20III.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6948/7/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6948/8/BAB%20V%20fiks.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6948/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6948/10/LAMPIRAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6948/
Daftar Isi:
  • Raidatul Hayat.2016. Studi Komparasi Strategi Pembelajaran Aktif Firing Line dan Strategi Pembelajaran Aktif Practice-Rehearsal Pairs Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Hasby Assidiqi, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Firing Line, Practice-Rehearsal Pairs, Kemampuan Pemecahan Masalah, Bangun Ruang Sisi Lengkung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif Firing Line dan Practice-rehearsal Pairs pada materi bangun ruang sisi lengkung, mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diajar dengan strategi pembelajaran aktif Firing Line dan Practice-rehearsal Pairs pada materi bangun ruang sisi lengkung, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap strategi pembelajaran aktif Firing Line dan Practice-rehearsal Pairs pada materi bangun ruang sisi lengkung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain true eksperimental design jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin sebanyak 51 orang yang terbagi ke dalam 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Kemudian secara acak dipilihlah kelas IX A sebagai kelompok eksperimen I menggunakan strategi pembelajaran aktif Firing Line dan kelas IX B sebagai kelompok eksperimen II menggunakan strategi pembelajaran aktif Practice-rehearsal Pairs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif Firing Line dan Practice-rehearsal Pairs pada materi bangun ruang sisi lengkung berada pada kualifikasi baik. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diajar dengan strategi pembelajaran aktif Firing Line dan Practice-rehearsal Pairs pada materi bangun ruang sisi lengkung. Respon siswa terhadap strategi pembelajaran aktif Firing Line dan Practice-rehearsal Pairs memenuhi kategori baik.