Efektivitas Pemggunaan Media Video Pembelajaran Pada Materi Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas VIII MTs Al-Ikhwan Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Author: | Mahmudah, Rifa'atul |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/690/1/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/690/2/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/690/ |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan, dengan harapan proses komunikasi pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan pesan yang ingin disampaikan dapat diterima secara utuh oleh siswa sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan mempermudah siswa dalam menerima dan memahami pelajaran, sehingga hal ini diprediksikan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk i) mengetahui hasil belajar siswa pada kelas eksperimen; ii) mengetahui hasil belajar siswa pada kelas kontrol; iii) mengetahui keefektifan penggunaan media video pembelajaran pada materi persamaan garis lurus siswa kelas VIII MTs Al-Ikhwan Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Ikhwan Banjarmasin. Kemudian diambil beberapa siswa dari populasi tersebut sebagai sampel menggunakan purposive sampling yang dijadikan menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen (menggunakan media video pembelajaran) dan kelas kontrol (tanpa menggunakan media video pembelajaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa i) hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang pembelajarannya dengan menggunakan media video pembelajaran berada pada kualifikasi baik; ii) hasil belajar siswa di kelas kontrol yang pembelajarannya tanpa menggunakan media video pembelajaran berada pada kualifikasi baik; iii) media video pembelajran efektif digunakan pada materi persamaan garis lurus siswa kelas VIII MTs Al-Ikhwan Banjarmasin.