Problematika Guru Sertifikasi Dalam Menerapkan Strategi Berbasis PAIKEM Pada Mata Pelajaran PAI di MTsN Banjar Selatan 1 Banjarmasin tahu pelajaran 2016/2017
Daftar Isi:
- Siti Muslimah, 2016 Problematika Guru Sertifikasi Dalam Menerapkan Strategi Berbasis PAIKEM Pada Mata Pelajaran PAI di MTsN Banjar Selatan 1 Banjarmasin. Skripsi dibimbing oleh, Drs.Hamdan, M.Pd Guru dituntut untuk dapat merancang sebuah pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan, dan juga guru dituntut untuk dapat memilih media, metode, serta strategi aktif yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Berdasarkan penjajakan awal yang peneliti lakukan yang mana di sekolah tersebut masih ada beberapa orang guru pada saat mengajar masih cenderung menggunakan metode ceramah dalam mengajar dan cenderung kurang menggunakan strategi berbasis PAIKEM pada saat mengajar, serta jarang menggunakan media pembelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung secara monoton, yang mana dalam proses pembelajaran hanya guru yang aktif atau dapat dikatakan komunikasi lebih banyak terjadi dalam satu arah dan keterlibatan siswa masih kurang dalam pembelajaran. Untuk memperoleh gambaran jelas dalam penelitian ini maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Apa saja problematika guru sertifikasi dalam menerapkan strategi berbasis PAIKEM pada mata pelajaran PAI di MTsN Banjar Selatan 1 Banjarmasin? 2) Upaya yang dilakukan Guru dalam Mengatasi Problem Pembelajaran dalam menerapkan strategi berbasis PAIKEM pada mata pelajaran PAI di MTsN Banjar Selatan 1 Banjarmasin. Sesuai dengan rumusan masalah yang dikemukakan yang pada bagian terdahulu di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui problematika apa saja yang dihadapi oleh guru sertifikasi dalam menerapkan strategi pembelajaran PAIKEM pada saat mengajar pada mata pelajaran PAI di MTsN Banjar Selatan 1 Banjarmasin. 2) Upaya yang dilakukan Guru dalam Mengatasi Problem Pembelajaran dalam menerapkan strategi berbasis PAIKEM pada mata pelajaran PAI di MTsN Banjar Selatan 1 Banjarmasin Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung kelapangan untuk menggali dan meneliti data yang berkenaan dengan problematika guru sertifikasi dalam menerapkan strategi pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran PAI di MTsNBanjar Selatan 1 Banjarmasin. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar mata pelajaran PAI di MTsN Banjar Selatan 1 Banjarmasin.yang berjumlah 8 orang. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data ini penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan kejadian sesungguhnya dalam bentuk uraian atau kalimat sehingga terlihat jelas mengenai problematika guru sertifikasi dalam menerapkan strategi pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran PAI di MTsN Banjar Selatan 1 Banjarmasin Hasil penelitian menunjukkan: 1) Problematika guru sertifikasi dalam menerapkan strategi berbasis PAIKEM pada mata pelajaran PAI di MTsN Banjar Selatan 1 Banjarmasin yaitu: problem peserta didik, problem media pembelajaran, problem pendidik, problem sarana dan prasarana, 2) Upaya yang dilakukan Guru dalam Mengatasi Problem Pembelajaran dalam menerapkan strategi berbasis PAIKEM pada mata pelajaran PAI di MTsN Banjar Selatan 1 Banjarmasin.