Gaya Kepemimpinan Mudir dalam Inovasi Pendidikan di Pondok Pesantren Darul Hijrah

Main Author: Ahmad, Salabi
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Manajemen Pendidikan Islam , 2016
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/6881/1/7.%20Volume%202%20Issue%201%20%282016%29%20-%20Salabi%20h.%2075-89.docx
http://idr.uin-antasari.ac.id/6881/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mendeskripsikan gaya kepemimpinan mudir dan apasaja perannya dalam pelaksanaan inovasi pendidikan di Pondok Pesantren Darul Hijrah. Adanya program-program unggulan yang selalu diupayakan kualitasnya merupakan salah satu wujud keseriusan Pondok Pesantren Darul Hijrah menjadi pondok modern yang unggul seperti adanya kelas yang berstandar Internasional pada jenjang Sekolah Menengah Atas. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif, penelitian difokuskan pada masalah-masalah yang berkaitan dengan peran seorang mudir pada perubahan dan perkembangan pendidikan di Pondok Pesantren Darul Hijrah. Pendekatan kualitatif historis digunakan untuk memahami perubahan dan perkembangan pendidikan dari pertama kali hingga sekarang. Sementara pendekatan kualitatif fenomenologis digunakan untuk memahami gaya kepemimpinan dan peran mudir dalam melakukan inovasi pendidikan di Pondok Pesantren Darul Hijrah. Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Mudir, Inovasi, Pondok Pesantren