Penerapan Permainan Bisik Berantai pada Pembelajaran Bahasa Arab Materi Istima’ kelas V di MIN Anjir Muara Kota Tengah Kabupaten Barito Kuala
Daftar Isi:
- Norhijaziah. 2016. Penerapan Permainan Bisik Berantai pada Pembelajaran Bahasa Arab Materi Istima’ kelas V di MIN Anjir Muara Kota Tengah Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Tamjidnor, S. Ag, M. Pd. I Kata kunci: Penerapan, Permainan bisik berantai, Istima’ (Mendengar). Profesionalisme guru sangat diperlukan dalam pembelajaran, khususnya bahasa Arab karena kebanyakan orang beranggapan kalau mempelajari bahasa Arab itu sulit. Maka dari itu penulis tertarik meneliti tentang Penerapan Permainan Bisik Berantai pada Pembelajaran Bahasa Arab Materi Istima’ Kelas V di MIN Anjir Muara Kota Tengah Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Permainan Bisik Berantai pada Pembelajaran Bahasa Arab Materi Istima’ kelas V di MIN Anjir Muara Kota Tengah Kabupaten Barito Kuala. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Arab dan seluruh siswa kelas V-B MIN Anjir Muara Kota Tengah tahun ajaran 2016/2017. Objek penelitian ini adalah Penerapan Permainan Bisik Berantai pada Pembelajaran Bahasa Arab Materi Istima’ kelas V di MIN Anjir Muara Kota Tengah Kabupaten Barito Kuala. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah setelah data terkumpul dan diolah, selanjutnya disajikan secara deskriptif kualitatif dalam bentuk uraian-uraian, sehingga dapat menggambarkan permasalahan yang diteliti secara memadai dan utuh. Setelah itu diadakan analisis data secara kualitatif dengan merangkai dan membahas data, baik menurut teori atay pun pendapat menulis sendiri. Berdasarkan hasil penelitian penerapan permainan bisik berantai pada pembelajaran bahasa Arab Materi Istima’ dikelas V pembelajaran bahasa Arab dengan menerapkan permainan bisik berantai sudah terlaksana sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yaitu meliputi ada kegiatan Awal, kegiatan Inti dan kegiatan Akhir atau Penutup serta Evaluasi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi permainan bisik berantai yaitu faktor siswa meliputi minat dan perhatian, faktor guru meliputi latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, dan peraturan permainan. Faktor ketiga yaitu faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi dalam penerapan permainan bisik berantai.