Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi Permainan dengan Metode Bolak-Balik Kata di Kelas II MIN Jingah Bujur Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara

Main Author: Siti, Rabiah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/672/1/aa1.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/672/2/aa2.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/672/
Daftar Isi:
  • Siti Rabiah. 2014. Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi Permainan dengan Metode Bolak-Balik Kata di Kelas II MIN Jingah Bujur Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing : Drs. H. Ahdi Makmur, M. Ag., Ph.D. Kata kunci : Keterampilan membaca, metode bolak-balik kata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II semester 4 pada MIN Jingah Bujur Kecamatan Haur Gading KabupatenHulu Sungai Utara untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi permainan dengan metode bolak-balik kata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklusyakni siklus I dan siklus II terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MIN Jingah Bujur KecamatanHaurGadingKabupatenHulu Sungai Utara pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 16 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes lisan, sedangkan teknik analisis data digunakan adalah nilai dan persentase rerata. Hasil penelitian ini diperoleh (1) keterampilan membaca siswa secara individual mengalami peningkatan dari siklus Idengan nilai rerata 68,75 menjadi 80,31 pada siklus II yakni dari tingkat kriteria keterampilan membaca siswa cukup menjadi baik; dan (2) aktivitas atau upaya guru kelas dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan persentase rerata sebesar 70 % menjadi 97,50 % pada siklus II yakni dari kriteria tingkat aktivitas atau upaya guru bagus menjadi sangat bagus.