Perbandingan Hasil Belajar Dengan dan Tanpa Menggunakan Model Tari Bambu Dengan Metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas X MAN 2 Model Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016
ctrlnum |
6579 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/</relation><title>Perbandingan Hasil Belajar Dengan dan Tanpa Menggunakan Model Tari Bambu Dengan Metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas X MAN 2 Model Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016</title><creator>Irpandi, Ahmad</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Masalah yang dihadapi dalam pendidikan khususnya pada mata pelajaran matematika adalah kesulitan siswa dalam memahami materi sehingga perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran, salah satu caranya adalah dengan penggunaan metode dan model yang mampu melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran yang berdampak positif pada hasil belajar. Metode dan model yang dianggap mampu melibatkan siswa secara aktif serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model tari bambu, metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model tari bambu dengan metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES), bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional dan bagaimana perbandingan hasil belajar antara siswa yang menggunakan metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) dengan tari bambu dan model konvensional pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 2 Model Banjarmasin. Pengambilan sampel menggunakan random sampling sehingga didapat 2 kelas yaitu kelas X MIA 2 dan kelas X MIA 4.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang diajarkan menggunakan tari bambu dengan metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) adalah 86,60 sedangkan siswa yang diajarkan dengan model konvensional adalah 81,69. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan hasil belajar siswa di kelas kontrol.</description><date>2016-08-17</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/1/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/3/AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/10/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Irpandi, Ahmad (2016) Perbandingan Hasil Belajar Dengan dan Tanpa Menggunakan Model Tari Bambu Dengan Metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas X MAN 2 Model Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016. [Skripsi] </identifier><recordID>6579</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Irpandi, Ahmad |
title |
Perbandingan Hasil Belajar Dengan dan Tanpa Menggunakan Model Tari Bambu Dengan Metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas X MAN 2 Model Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016 |
publishDate |
2016 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/1/PERNYATAAN.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/2/ABSTRAK.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/3/AWAL.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/4/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/5/BAB%20II.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/6/BAB%20III.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/7/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/8/BAB%20V.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/10/LAMPIRAN.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/ |
contents |
Masalah yang dihadapi dalam pendidikan khususnya pada mata pelajaran matematika adalah kesulitan siswa dalam memahami materi sehingga perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran, salah satu caranya adalah dengan penggunaan metode dan model yang mampu melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran yang berdampak positif pada hasil belajar. Metode dan model yang dianggap mampu melibatkan siswa secara aktif serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model tari bambu, metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model tari bambu dengan metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES), bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional dan bagaimana perbandingan hasil belajar antara siswa yang menggunakan metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) dengan tari bambu dan model konvensional pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 2 Model Banjarmasin. Pengambilan sampel menggunakan random sampling sehingga didapat 2 kelas yaitu kelas X MIA 2 dan kelas X MIA 4.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang diajarkan menggunakan tari bambu dengan metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) adalah 86,60 sedangkan siswa yang diajarkan dengan model konvensional adalah 81,69. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan hasil belajar siswa di kelas kontrol. |
id |
IOS4802.6579 |
institution |
Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin |
institution_id |
1009 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin |
library_id |
907 |
collection |
Institutional Digital Repository Perpustakaan UIN Antasari |
repository_id |
4802 |
city |
KOTA BANJARMASIN |
province |
KALIMANTAN SELATAN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4802 |
first_indexed |
2017-10-30T02:15:31Z |
last_indexed |
2017-10-30T02:15:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1684873932999491584 |
score |
17.538404 |