Perbandingan Hasil Belajar Dengan dan Tanpa Menggunakan Model Tari Bambu Dengan Metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas X MAN 2 Model Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Irpandi, Ahmad
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/1/PERNYATAAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/2/ABSTRAK.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/3/AWAL.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/4/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/5/BAB%20II.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/6/BAB%20III.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/7/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/8/BAB%20V.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/10/LAMPIRAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/
ctrlnum 6579
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/</relation><title>Perbandingan Hasil Belajar Dengan dan Tanpa Menggunakan Model Tari Bambu Dengan Metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas X MAN 2 Model Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016</title><creator>Irpandi, Ahmad</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Masalah yang dihadapi dalam pendidikan khususnya pada mata pelajaran matematika adalah kesulitan siswa dalam memahami materi sehingga perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran, salah satu caranya adalah dengan penggunaan metode dan model yang mampu melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran yang berdampak positif pada hasil belajar. Metode dan model yang dianggap mampu melibatkan siswa secara aktif serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model tari bambu, metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES).&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model tari bambu dengan metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES), bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional dan bagaimana perbandingan hasil belajar antara siswa yang menggunakan metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) dengan tari bambu dan model konvensional pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 2 Model Banjarmasin. Pengambilan sampel menggunakan random sampling sehingga didapat 2 kelas yaitu kelas X MIA 2 dan kelas X MIA 4.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang diajarkan menggunakan tari bambu dengan metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) adalah 86,60 sedangkan siswa yang diajarkan dengan model konvensional adalah 81,69. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan hasil belajar siswa di kelas kontrol.</description><date>2016-08-17</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/1/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/3/AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/10/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Irpandi, Ahmad (2016) Perbandingan Hasil Belajar Dengan dan Tanpa Menggunakan Model Tari Bambu Dengan Metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas X MAN 2 Model Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016. [Skripsi] </identifier><recordID>6579</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Irpandi, Ahmad
title Perbandingan Hasil Belajar Dengan dan Tanpa Menggunakan Model Tari Bambu Dengan Metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas X MAN 2 Model Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016
publishDate 2016
topic LB Theory and practice of education
url http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/1/PERNYATAAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/2/ABSTRAK.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/3/AWAL.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/4/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/5/BAB%20II.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/6/BAB%20III.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/7/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/8/BAB%20V.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/10/LAMPIRAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6579/
contents Masalah yang dihadapi dalam pendidikan khususnya pada mata pelajaran matematika adalah kesulitan siswa dalam memahami materi sehingga perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran, salah satu caranya adalah dengan penggunaan metode dan model yang mampu melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran yang berdampak positif pada hasil belajar. Metode dan model yang dianggap mampu melibatkan siswa secara aktif serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model tari bambu, metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model tari bambu dengan metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES), bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional dan bagaimana perbandingan hasil belajar antara siswa yang menggunakan metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) dengan tari bambu dan model konvensional pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 2 Model Banjarmasin. Pengambilan sampel menggunakan random sampling sehingga didapat 2 kelas yaitu kelas X MIA 2 dan kelas X MIA 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang diajarkan menggunakan tari bambu dengan metode Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) adalah 86,60 sedangkan siswa yang diajarkan dengan model konvensional adalah 81,69. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan hasil belajar siswa di kelas kontrol.
id IOS4802.6579
institution Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
institution_id 1009
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
library_id 907
collection Institutional Digital Repository Perpustakaan UIN Antasari
repository_id 4802
city KOTA BANJARMASIN
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4802
first_indexed 2017-10-30T02:15:31Z
last_indexed 2017-10-30T02:15:31Z
recordtype dc
_version_ 1684873932999491584
score 17.538404