Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan Sederhana Menggunakan Alat Peraga Kertas Karton Berwarna pada Siswa Kelas III MIN Ilir Mesjid

Main Author: Meldawati, Meldawati
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/656/1/BAB%201.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/656/2/BAB%204.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/656/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan sederhana menggunakan alat peraga kertas karton berwarna pada siswa kelas III MIN Ilir Mesjid Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Siklus I terdiri atas tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III B MIN Ilir Mesjid pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 26 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, tes tertulis dan analisis dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentasi ketuntasan secara klasikal 61,54% dan nilai rata-rata siswa hanya 61,34 meningkat pada siklus II dengan persentasi ketuntasan secara klasikal 80,77% dan nilai rata-rata siswa 78,27. (2) Hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I memperoleh skor 11 dengan kategori cukup baik meningkat pada siklus II dengan perolehan skor 16 dengan kategori baik. Siswa sangat antusias, serius dan aktif dalam pembelajaran menggunakan alat peraga kertas karton berwarna. (3) Guru telah dapat mengelola pembelajaran dengan menggunakan alat peraga kertas karton berwarna. Pengelolaan pembelajaran secara umum dapat terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari hasil persentasi kolom yang diberi tanda contreng pada kolom “Ya”, yaitu sebesar 70,37% pada siklus I dan pada kegiatan siklus II meningkat menjadi 92,59%.