Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengemukakan tentang penggunaan media dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran IPS di MIN Sungai Lulut. Masalah yang ingin diteliti adalah penggunaan media di MIN Sungai Lulut dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media dalam pembelajaran IPS di MIN Sungai Lulut Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media dalam pembelajaran IPS di MIN Sungai Lulut Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, koding dan interprestasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seorang guru IPS di kelas V. Objek penelitian ini adalah penggunaan media dalam pembelajaran IPS dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media dalam pembelajaran IPS di kelas V MIN Sungai Lulut media yang digunakan hanya berupa visual saja. Karena di dalam pembelajaran yang berlangsung guru tidak menggunakan media yang lain hanya menggunakan media visual berupa gambar-gambar.