Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Pengaruh Kondisi Alam Terhadap Kegiatan Ekonomi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas IV MIN Ilir Mesjid

Main Author: Elya, Ni'mah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/654/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/654/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/654/
ctrlnum 654
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://idr.uin-antasari.ac.id/654/</relation><title>Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Pengaruh Kondisi Alam Terhadap Kegiatan Ekonomi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas IV MIN Ilir Mesjid</title><creator>Elya, Ni'mah</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi dengan menggunakan strategi pembelajaran talking stick pada siswa kelas IV MIN Ilir Mesjid Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara.&#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus I dan siklus II terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV B MIN Ilir Mesjid pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 23 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, tes tertulis dan analisis dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi.&#xD; Hasil penelitian ini diperoleh (1) Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentasi ketuntasan secara klasikal 56,52% dan nilai rata-rata siswa hanya 63,48 meningkat pada siklus II dengan persentasi ketuntasan secara klasikal 82,61% dan nilai rata-rata siswa 81,52. (2) Hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I memperoleh skor 13 dengan kategori cukup baik meningkat pada siklus II dengan perolehan skor 20 dengan kategori baik. Siswa sangat antusias dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran talking stick. (3) Guru telah dapat mengelola pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran talking stick. Pengelolaan pembelajaran secara umum dapat terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari hasil persentasi kolom yang diberi tanda contreng pada kolom &#x201C;Ya&#x201D;, yaitu sebesar 75% pada siklus I dan pada kegiatan siklus II meningkat menjadi 92,86%.</description><date>2015-07-28</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/654/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/654/2/BAB%20IV.pdf</identifier><identifier> Elya, Ni'mah (2015) Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Pengaruh Kondisi Alam Terhadap Kegiatan Ekonomi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas IV MIN Ilir Mesjid. [Skripsi] </identifier><recordID>654</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Elya, Ni'mah
title Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Pengaruh Kondisi Alam Terhadap Kegiatan Ekonomi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas IV MIN Ilir Mesjid
publishDate 2015
topic L Education (General)
url http://idr.uin-antasari.ac.id/654/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/654/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/654/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi dengan menggunakan strategi pembelajaran talking stick pada siswa kelas IV MIN Ilir Mesjid Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus I dan siklus II terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV B MIN Ilir Mesjid pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 23 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, tes tertulis dan analisis dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentasi ketuntasan secara klasikal 56,52% dan nilai rata-rata siswa hanya 63,48 meningkat pada siklus II dengan persentasi ketuntasan secara klasikal 82,61% dan nilai rata-rata siswa 81,52. (2) Hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I memperoleh skor 13 dengan kategori cukup baik meningkat pada siklus II dengan perolehan skor 20 dengan kategori baik. Siswa sangat antusias dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran talking stick. (3) Guru telah dapat mengelola pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran talking stick. Pengelolaan pembelajaran secara umum dapat terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari hasil persentasi kolom yang diberi tanda contreng pada kolom “Ya”, yaitu sebesar 75% pada siklus I dan pada kegiatan siklus II meningkat menjadi 92,86%.
id IOS4802.654
institution Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
institution_id 1009
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
library_id 907
collection Institutional Digital Repository Perpustakaan UIN Antasari
repository_id 4802
city KOTA BANJARMASIN
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4802
first_indexed 2017-10-30T02:14:26Z
last_indexed 2017-10-30T02:14:26Z
recordtype dc
_version_ 1683450859841650688
score 17.538404