Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang Melalui Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Strategi REACT Siswa Kelas VII MTs Raudhatusysyubban Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Fikriadi, Fikriadi
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/6474/7/PERNYATAAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6474/8/AWAL.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6474/1/ABSTRAK.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6474/2/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6474/3/BAB%20II.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6474/4/BAB%20III.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6474/5/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6474/6/BAB%20V.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6474/9/LAMPIRAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/6474/
Daftar Isi:
  • Fikriadi. 2016. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang Melalui Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Strategi REACT Siswa Kelas VII MTs Raudhatusysyubban Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Seri Ningsih, M.Pd. Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan menemukan banyak kemungkinan jawaban terhadap suatu masalah. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif yaitu melalui pembelajaran dengan model CTL strategi REACT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berfikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Strategi REACT, konvensional metode ekspositori dan membandingkan mana yang lebih tinggi. Peneltian ini menggunakan metode eksperimen yakni True exsperimentsl Design yang melibatkan 63 siswa sebagai sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yang terdiri atas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Materi yang diajarkan adalah Materi persegi panjang dan data kemampuan awal siswa diambil dari nilai ulangan tengah semester siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran CTL startegi REACT berada pada kualifikasi baik dengan nilai 78, (2) kemampuan kreatif melalui konvensional metode ekspositori berada pada kualifikasi baik dengan nilai 71, (3) kemampuan berfikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran CTL Strategi REACT lebih tinggi daripada pembelajaran secara konvensional metode ekspositori.