Penerapan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Qurrata A’yun Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan
Daftar Isi:
- Selvia Noormadiyanti. 2016. Penerapan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Qurrata A’yun Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs.H.M.Alwi Kaderi M.Pd.I Penelitian ini berkaitan dengan penerapan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an di SMPIT Qurrata A’yun Kandangan dengan fokus masalah Bagaimana penerapan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an di SMPIT Qurrata A’yun Kandangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an di SMPIT Qurrata A’yun Kandangan Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang penerapan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an di SMPIT Qurrata A’yun Kandangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an di SMPIT Qurrata A’yun Kandangan Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru yang mengajar Al-Qur’an di SMPIT Qurrata A’yun Kandangan, dan objek penelitian ini adalah penerapan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Qurrata A’yun Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dokumenter. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, interpretasi data dan kemudian dianalisis dengan menggunakan deskritif kualitatif Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an di SMPIT Qurrata A’yun Kandangan belum sepenuhnya terlaksana secara maksimal di karenakan semua guru Al-Qur’an dalam hal membuat perencanaan pembelajaran Al-Qur’an belum disiapkan dengan matang. Hal ini dikarenakan penerapan metode wafa baru dijalankan selama satu tahun, akan tetapi dalam hal pelaksanaan pembelajaran metode wafa yang dilakukan sudah cukup baik sesuai dengan pedoman buku wafa yang diajarkan. Hal ini juga ditunjang oleh faktor-faktor yang mempengaruhinya yakni latar belakang pendidikan dan pengalaman guru yang cukup tinggi dan pernah mengikuti sertifikasi tersebut. Sedangkan dari faktor minat siswa juga cukup berminat, faktor alokasi waktu sudah maksimal, dan faktor situasi dan kondisi berlangsungnya pembelajaran cukup kondusif