Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Koopertif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD) pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII MTsN Habirau Negara Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Sa'adah, Rabiatus
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/634/1/Bab%20I%20-%20III.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/634/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/634/
Daftar Isi:
  • Rabiatus Sa’adah. 2014. Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Koopertif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD) pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII MTsN Habirau Negara Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. Hj. Sessi Rewetty Rivilla, M.M.Pd. Dalam dunia pendidikan matematika telah diperkenalkan kepada siswa sejak tingkat dasar sampai ke jenjang yang lebih tinggi. Guru memegang peranan penting dalam mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, sebaiknya guru dapat memilih dan menggunakan model pembelajaran matematika yang sesuai dengan materi yang diajarkan, seperti model pembelajarn kooperatif tipe TAI dan STAD atau model lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa di kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi persamaan garis lurus. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1, VIII-2 dan VIII-3 MTsN Habirau Negara. Sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen 2. Materi yang diajarkan pada penelitian ini adalah persamaan garis lurus. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai ulangan kenaikan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa di kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan nilai ratarata yaitu 84,33 dan hasil belajar siswa di kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan nilai rata-rata yaitu 82,06, dari hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa di kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.