UpayaMeningkatkanHasilBelajar Mata PelajaranIlmuPengetahuanAlamMateriPerubahanLingkunganMelaluiStrategi Problem Based Learning SiswaKelas IV MINU TabudaratKabupatenHulu Sungai Tengah

Main Author: Asmihani, Asmihani
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/624/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/624/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/624/
Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas IV semester II pada MI NU Tabudaratuntukmatapelajaran IPA denganmenggunakanStrategiPembelajaranProblem Based Learning. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodedeskriptifkualitatif.Penelitiantindakankelas yang dilaksanakandalamduasikluspenelitian.Padasetiapsiklusyaknisiklus 1 dansiklus 2 terdiriatasdua kali pertemuan.Subjekpenelitianiniadalahseorangguru IPA dansiswakelas IV yang terdiridari 8 orang laki-lakidan 4 orang perempuantahunpelajaran 2013/2014. Pengumpulan data dalampenelitianinidiperolehmelaluiteknikobservasidantes, sedangkanteknikanalisis data yang digunakanadalah rata-rata danpersentasi. Hasilpenelitianinidiperoleh (1) HasilbelajarsiswadenganmenggunakanstrategiProblem Based Learning secara individual dansecaraklasikalterdapatpeningkatan. HasilhipotesispenelitianmenyatakanbahwadenganmenggunakanstrategiProblem Based Learning dalamkegiatanpembelajaran, initerlihatdarihasilbelajarSiklus I terdapatpeningkatanhasilbelajarsiswapertemuan 1 rata-rata 55 danpertemuan 2 menjadi 64,1. SelanjutnyaSiklus II pertemuan3dengan rata-rata 86terlebihpadapertemuan4menjadi 90,8. (2) Aktivitas guru dalammenerapkanstrategiProblem Based Learningdalammeningkatkanhasilbelajarmata pelajaran IPA materiperubahanlingkungansiswakelas IV MI NU TabudaratKabupatenHulu Sungai Tengah sudah meningkat. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru siklus I pertemuan 1 adalah 65,5 danpertemuan 2 adalah 73,4. Sedangkan pada siklus II pertemuan 3 adalah 76,5 dan pertemuan 4 adalah100. (3) Aktivitas siswa dalammenerapkanstrategiProblem Based Learningdalammeningkatkanhasilbelajarmata pelajaran IPA materiperubahanlingkungansiswakelas IV MI NU TabudaratKabupatenHulu Sungai Tengah sudah meningkat. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 adalah 68,8 dan pertemuan 2 adalah 78,1. Sedangkan pada siklus II pertemuan 3 adalah 87,5 dan pertemuan 4 adalah 93,5.