Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Membandingkan Pecahan Sederhana Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas III MIS Istiqamah Balabau Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Main Author: Mila, Karmila
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/616/1/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/616/2/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/616/3/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/616/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III semester II pada MIS Istiqamah Balabau untuk mata pelajaran Matematika dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 15 orang dan terdiri dari 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Tipe STAD, hasil belajar siswa kelas III pada materi membandingkan pecahan sederhana di MIS Istiqamah Balabau dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I yaitu pertemuan kesatu 56,7 dan pada pertemuan kedua 67,3. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus II yaitu pertemuan ketiga 74,7 dan pada pertemuan keempat 86. (2) Aktivitas guru dalam menerapkan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi membandingkan pecahan sederhana pada siswa kelas III MIS Istiqamah Balabau sudah meningkat. Hal ini dapat dilihat dari siklus I pertemuan 1 adalah 65,3 dan pertemtan 2 adalah 73,6 dan siklus II pertemuan 3 adalah 83,3 dan pertemuan 4 adalah 100. (3) Aktivitas siswa dalam menerapkan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi membandingkan pecahan sederhana pada siswa kelas III MIS Istiqamah Balabau sudah meningkat. Hal ini dapat dilihat dari siklus I pertemuan 1 adalah 65,6 dan pertemtan 2 adalah 75 dan siklus II pertemuan 3 adalah 87,5 dan pertemuan 4 adalah 96,9.