PERAN GURU DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH MI INAYATUSHSHIBYAN I BANJARMASIN
Main Author: | Rifani, Ahmad |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/6/1/BAB%20I%20AR.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/6/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengemukakan tentang peran guru dalam menciptakan budaya peduli lingkungan di sekolah MI Inayatushshibyan Banjarmasin. Yang mana dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru yang diperlukan siswa dalam menciptakan budaya peduli lingkungan di sekolah. Untuk itu penelitian ini memiliki fokus penelitian dengan sub fokus, yaitu bagaimana peran guru dalam menciptakan budaya peduli lingkungan disekolah dan kendala-kendala apa saja yang mempengaruhi peran guru dalam menciptakan budaya peduli lingkungan di MI Inayatushshibyan I Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menciptakan budaya peduli lingkungan disekolah dan kendala-kendala apa saja yang mempengaruhi peran guru dalam menciptakan budaya peduli lingkungan di sekolah MI Inayatushshibyan I Banjarmasin. Penelitian ini merupakan kualitatif yakni pendekatan yang lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah, dengan metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV, V, dan VI yang ada di MI Inayatushshibyan I Banjarmasin. Objek penelitian ini adalah peran guru dalam menciptakan budaya peduli lingkungan disekolah serta kendala-kendala yang mempengaruhi peran guru di MI Inayatushshibyan I Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumenter. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, klasifikasi data, interpretasi data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menciptakan budaya peduli lingkungan disekolah adalah pembimbing, organisator dan motivator. Untuk kendala-kendala yang mempengaruhi peran guru dalam menciptakan budaya peduli lingkungan disekolah MI Inayatushshibyan I Banjarmasin adalah ketidak tahuan dan gaya hidup.