Daftar Isi:
  • Husnul Khatimah. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas IV MI TPI Keramat Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing Dra. Raihanatul Jannah, M.Pd. Kata Kunci : Media Visual , Hasil Belajar, Bahasa Arab Pelajaran bahasa Arab merupakan ilmu penting, sesuai fakta di lapangan minat dan hasil belajar siswa dalam mempelajari bahasa Arab tergolong rendah karena kurangnya keterampilan guru dalam mengoptimalkan pembelajaran khususnya dalam penggunaan media. Oleh karena itu, diperlukan keterampilan guru dalam menggunakan media, khususnya media visual agar proses pembelajaran lebih menarik yang berdampak pada hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar bahasa Arab kelas IV di MI TPI Keramat Banjarmasin. Dengan rumusan masalah bagaimana proses dan hasil belajar siswa menggunakan media visual dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV, bagaimana proses dan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media visual dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media visual dan tanpa menggunakan media visual terhadap proses dan hasil belajar bahasa Arab kelas IV di MI TPI Keramat Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, wawancara dan dokumentasi, pendekatan yang digunakan adalah jenis pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 57. Dari hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata penilaian proses di kelas kontrol 71,82 dan di eksperimen 88,54 dan selisih antara keduanya 16,72 dan Menurut perhitungan uji U pada penilaian proses Zhitung kurang dari –ZTabel -67,67 ≤ - 1,96 Maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat difahami bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara proses belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sedangkan penilaian hasil belajar kelompok kontrol 72,85 hasil belajar kelompok eksperimen 83,44 dan menurut perhitungan uji U Zhitung kurang dari –ZTabel -3,03 ≤ -1,96 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat difahami bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan berdasarkan perhitungan data statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media visual terhadap proses dan hasil belajar bahasa Arab kelas IV MI TPI Keramat Banjarmasin.