Meningkatkan Hasil Belajar Materi Shalat Sunat Rawatib Melalui Strategi Gallery Walk Di SMPN 2 Jaro Kabupaten Tabalong

Main Author: Arbainah, Arbainah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/5736/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/5736/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/5736/
ctrlnum 5736
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://idr.uin-antasari.ac.id/5736/</relation><title>Meningkatkan Hasil Belajar Materi Shalat Sunat Rawatib&#xD; Melalui Strategi Gallery Walk Di SMPN 2 Jaro Kabupaten Tabalong</title><creator>Arbainah, Arbainah</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Arbainah. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Shalat Sunat Rawatib&#xD; Melalui Strategi Gallery Walk Di SMPN 2 Jaro Kabupaten Tabalong. PTK. Jurusan Pendidikan Agama Islam / S. I, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: Asikin Noor, M.Ag.&#xD; Penelitian ini berangkat dari latar belakang menyampaikan materi pembelajaran atau bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Sehingga menimbulkan pertanyaan bagaimana cara mengajarkan atau menyampaikan materi pembelajaran dan bahan ajarnya ditinjau dari pihak guru dan cara mempelajarinya ditinjau dari pihak murid. Selama ini peneliti dalam penyampaian hanya menyampaikan dengan cara memberikan penjelasan ringkas tentang materi yang sedang diajarkan dan ternyata hal tersebut masih kurang efektif dalam menentukan hasil belajar siswa mengenai mata pelajara PAI terutama tentang Shalat Sunnat Rawatib.&#xD; Berkenaan dengan masalah yang sering dihadapi guru dam penyampaian bahan ajar salah satunya adalah pelajaran PAI. Berdasarkan pengalaman guru PAI kelas VIII pada semester I terdapat materi yang sukar difahami siswa, materi itu adalah tentang Shalat Sunat Rawatib. Dari masalah tersebut diharapkan melalui penelitian ini guru mampu memberikan solusi dalam peningkatan kriativitas siswa dan mengajar guru sehingga menghasilkan apa yang diinginkan&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian refliktif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan oleh peneliti dapat diambil kesimpulan sebagai penerapan pembelajara dengan strategi Gallery Walk dapat meningkatkan kualitas siswa dalam mata pelajaran PAI mengenai Shalat Sunat Rawatib. Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas yang sangat pesat sehingga hasilnya dapat dilakukan hanya dua kali siklus. Peningkatan ini dapat dilihat pada siklus I rata-rata 69.16 kemudian meningkat pada pertemuan kedua menjadi 79.16. Pertemuan pertama siklus II rata-rata kelas 80.83 dan meningkat pada siklus II menjadi 91.67. Dengan menggunakan model Gallery Walk, maka hasil belajar siswa pada Materi Shalat Sunat Rawatib pada kelas VIII di SMPN 2 Jaro Kabupaten Tabalong dapat meningkat dan di terima.</description><date>2013</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/5736/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/5736/2/BAB%20IV.pdf</identifier><identifier> Arbainah, Arbainah (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Materi Shalat Sunat Rawatib Melalui Strategi Gallery Walk Di SMPN 2 Jaro Kabupaten Tabalong. [Skripsi] </identifier><recordID>5736</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Arbainah, Arbainah
title Meningkatkan Hasil Belajar Materi Shalat Sunat Rawatib Melalui Strategi Gallery Walk Di SMPN 2 Jaro Kabupaten Tabalong
publishDate 2013
topic L Education (General)
url http://idr.uin-antasari.ac.id/5736/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/5736/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/5736/
contents Arbainah. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Shalat Sunat Rawatib Melalui Strategi Gallery Walk Di SMPN 2 Jaro Kabupaten Tabalong. PTK. Jurusan Pendidikan Agama Islam / S. I, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: Asikin Noor, M.Ag. Penelitian ini berangkat dari latar belakang menyampaikan materi pembelajaran atau bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Sehingga menimbulkan pertanyaan bagaimana cara mengajarkan atau menyampaikan materi pembelajaran dan bahan ajarnya ditinjau dari pihak guru dan cara mempelajarinya ditinjau dari pihak murid. Selama ini peneliti dalam penyampaian hanya menyampaikan dengan cara memberikan penjelasan ringkas tentang materi yang sedang diajarkan dan ternyata hal tersebut masih kurang efektif dalam menentukan hasil belajar siswa mengenai mata pelajara PAI terutama tentang Shalat Sunnat Rawatib. Berkenaan dengan masalah yang sering dihadapi guru dam penyampaian bahan ajar salah satunya adalah pelajaran PAI. Berdasarkan pengalaman guru PAI kelas VIII pada semester I terdapat materi yang sukar difahami siswa, materi itu adalah tentang Shalat Sunat Rawatib. Dari masalah tersebut diharapkan melalui penelitian ini guru mampu memberikan solusi dalam peningkatan kriativitas siswa dan mengajar guru sehingga menghasilkan apa yang diinginkan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian refliktif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan oleh peneliti dapat diambil kesimpulan sebagai penerapan pembelajara dengan strategi Gallery Walk dapat meningkatkan kualitas siswa dalam mata pelajaran PAI mengenai Shalat Sunat Rawatib. Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas yang sangat pesat sehingga hasilnya dapat dilakukan hanya dua kali siklus. Peningkatan ini dapat dilihat pada siklus I rata-rata 69.16 kemudian meningkat pada pertemuan kedua menjadi 79.16. Pertemuan pertama siklus II rata-rata kelas 80.83 dan meningkat pada siklus II menjadi 91.67. Dengan menggunakan model Gallery Walk, maka hasil belajar siswa pada Materi Shalat Sunat Rawatib pada kelas VIII di SMPN 2 Jaro Kabupaten Tabalong dapat meningkat dan di terima.
id IOS4802.5736
institution Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
institution_id 1009
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
library_id 907
collection Institutional Digital Repository Perpustakaan UIN Antasari
repository_id 4802
city KOTA BANJARMASIN
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4802
first_indexed 2017-10-30T02:15:25Z
last_indexed 2017-10-30T02:15:25Z
recordtype dc
_version_ 1684873929328427008
score 17.538404