Daftar Isi:
  • Muzhan,2016.Penerapan Metode Jama’i dan Sima’i Dalam Menghafal Alquran Di MTs Assanabil Banjarmasin.Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. HairulHudaya, M.Ag. Penerapan metodeJama’i dan Sima’ibisa dijadikan sebagai salah satu alternatif metode menghafal Alquran yang digunakan dalam pembelajaranAlquran, khususnya dalam menghafal Alquran. Dengan metode tersebut para siswa mudah untuk menghafal. karena dalam metodeJama’idanSima’i para siswa akan mampu mengkondisikan ayat-ayat yang di hafalnya bukan saja dalam bayangannya tetapi benar-benar membentuk gerak reflek pada lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang penerapan metode Jama’i dan Sima’i dalam menghafal Alquran dan juga untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat dalam penerapan metode Jama’i dan Sima’i dalam menghafal Alquran di MTs Assanabil Banjarmasin. Metodepenelitian yang digunakanbersifatkualitatif.Subjekdalampenelitianiniadalahdua orang guru tahfizhdanseluruhkelas VII putradan VIII putra MTs Assanabil Banjarmasin yang berjumlah 12 orang danobjekpenelitiandalampenelitianiniadalahpenerapanmetodeJama’idanmetodeSima’idalammenghafalAlquran di MTsAssanabilBanjarmasin. Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahteknikobservasi, wawancara, dokumentasidan data segalaaktivitaspelajaranmenghafalAlquran di MTsAssanabil Banjarmasin.Adapunteknikpengolahan data yang digunakanadalah editing,klasifikasi, daninterpretasi data kemudiandianalisisdenganmenggunakananalisisdeskriptifkualitatif.Lalu, disimpulkandenganmenggunakanmetodeinduktif. Dari hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmetodeJama’idanSima’idalammenghafalAlquran di MTs Assanabilmeliputi:persiapan, pelaksanaandanevaluasi. Padatahappersiapan guru membuatrencanapelaksanaanpembelajaran.PadatahappelaksanaanmetodeJama’i guru menyampaikantujuanpelajaran yang akandicapai, memberikanmotivasikepadasiswa, guru membacakansatuayatataubeberapaayatdansiswamenirukannyasecarabersama-sama,setelahayat-ayatitudibacadenganbaikdanbenar, siswamengikutibacaan gurudengansedikit demi sedikitmencobamenutupmushaf.PadatahappelaksanaanmetodeSima’iguru membacakan ayat yang akan dihafal dan siswa mendengarkan secara langsung bacaan ayat tersebut. Siswa harus membacakan satu persatu ayat untuk dihafal. Padatahapevaluasialatevaluasi yang digunakanadalahteslisandantesperbuatan Dari hasilpenelitianterdapatbeberapafaktorpenunjangdanpenghambatdalampenerapanmetodeJama’idanSima’idi MTsAssanabil.Faktor-faktortersebutterdiridari internal daneksternal.Internal meliputipersiapanjiwa, kecerdasandankemauan yang kuat, motivasi.Eksternalmeliputimanajemenwaktu, latarbelakangpendidikan guru, lingkungandankeluarga.