KORELASI PARTISIPASI ORANGTUA TERHAPAD PRESTASI BELAJAR ANAK DISEKOLAH (STUDI PADA SISWA KELAS Va DI SDN PEKAUMAN 1 BANJARMASIN) TAHUN AJARAN 2014-2015
Main Author: | Annida, Fitriyani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/56/1/BAB%201.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/56/2/BAB%204.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/56/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengemukakan tentang korelasi partisipasi orangtua terhadap prestasi belajar anak di sekolah, studi pada kelas Va di SDN Pekauman 1 Banjarmasin tahun ajaran 2014/2015. Rumusan maslah dalam penelitian ini adalah bagaimana partisipasi orangtua siswa kelas Va di SDN Pekauman 1 Banjarmasin, bagaimana prestasi belajar siswa kelas Va di SDN Pekauman 1 Banjarmasin dan ada atau tidak adanya korelasi yang signifikan mengenai partisipasi orangtua tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas Va di SDN Pekauman 1 Banjarmasin tahun ajaran 2014/2015. Populasi tersebut penulis ambil pada seluruh siswa yang semuanya berjumlah 34 orang siswa baik laki-laki ataupun perempuan pada kelas Va di SDN Pekauman 1 Banjarmasin. Adapun sampel penelitian ini adalah sampel jenuh, yaitu teknik populasi sama dengan sampel yaitu dengan mengambil keseluruhan dari siswa yang diteliti yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan documenter. Selanjutnya semua data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan simpulan bahwa korelasi partisipasi orangtua terhadap prestasi belajar anak di sekolah pada kelas Va di SDN Pekauman 1 Banjarmasin tidak mempunyai korelasi yang signifikan, hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil analisis yang menunjukkan perhitungan rxy lebih kecil dari pada rt. Sedangkan distribusi frekuensi skor angket partisipasi orangtua yang menunjukkan bahwa partisipasi orangtua berada pada kategori sedang, yaitu sebanyak 19 orang (55.88%) dari 34 orangtua. Dan prestasi belajar siswa berada pada indeks komulatif belajar yang baik, karena dari 34 orang siswa ada 18 siswa (52.95%) yang memiliki prestasi belajar yang berkategori baik.