Daftar Isi:
  • Penelitian ini berlatar belakang dari minat masyarakat untuk menabung di KSPS BMT-UGT Sidogiri Indonesia cabang Banajrmasin, padahal banyak bank lain yang berfasilitaskan untuk memudahkan masyarakat bertransaksi pada bank tersebut dibandingkan pada KSPS BMT-UGT Sidogiri Indonesia cabang Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apasaja yang mempengaruhi minat masyarakat menabung di BMT, serta faktor mana yang lebih dominan mempengaruhi minat masyarakat menabung di BMT. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat penelitian kuantitatif. Dalam hal ini data didapat melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden yang berjumlah 97 orang dan wawancara kepada karyawan KSPS BMT-UGT Sidogiri Indonesia cabang Banjarmasin. Setelah data terkumpul kemudian diolah melalui proses: Editing, Cooding atau pemberian kode, dan tabulasi data. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Melalui teknis analisis kuantitatif, didapat hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat adalah pelayanan, lokasi, dan bagi hasil. Dari beberapa faktor tersebut yang sangat berpengaruh atau yang lebih dominan terhadap minat masyarakat untuk menabung di KSPS BMT-UGT Sidogiri Indonesia cabang Banjarmasin adalah faktor bagi hasil dengan hasil tertinggi unstandardizet coefficient sebesar 0,279.