Pembelajaran Quran Hadis Pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin
Daftar Isi:
- Misnawati. 2016. Pembelajaran Quran Hadis Pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam. Pembimbing M. Noor Fuady, M. Ag. Karya tulis ini mengemukakan tentang pembelajaran Quran Hadis pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin yang rumusan masalahnya adalah (1) bagaimana pembelajaran Quran Hadis pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin dan (2) kendala-kendala yang mempengaruhi pembelajaran tersebut. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran Quran Hadis pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin Tahun ajaran 2015/2016. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, angket (Skala Likert), wawancara dan dokumentasi. Setelah itu semua data di analisis dengan teknik deskripstif kualitatif dan disimpulkan melalui metode induktif. Penelitian tentang pembelajaran Quran Hadis ini meliputi persiapan guru dalam pembelajaran Quran Hadis, pelaksanaan Pembelajaran Quran Hadis, intensitas penggunaan metode mengajar, metode menghafal Quran Hadis, motivasi pembelajaran, penggunaan media serta kesiapan dan kemampuan siswa dalam menghafal, tempat siswa menghafal, hasil yang diperoleh siswa dan pelaksaan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Quran Hadis sudah cukup baik. Kendala-kendala yang mempengaruhi pembelajaran Quran Hadis ini meliputi latar belakang, pengalaman mengajar dan kemampuan serta pengetahuan guru tentang metode-metode pengajaran yang sudah cukup baik, Kendala minat dan motivasi siswa dalam menghafal ayat-ayat atau hadis yang dikategorikan tinggi atau cukup baik.