Daftar Isi:
  • Raudatul Jannah. 2016. Implementasi Metode Outdoor Study Pada Pembelajaran IPA Kelas V di MI Nurul Islam Kota Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Siti Shalihah, S. Pd., MS. Kata Kunci: Implementasi, Metode Outdoor Study, Pembelajaran IPA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi metode outdoor study pada pembelajaran IPA kelas V di MI Nurul Islam Kota Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode outdoor study pada pembelajaran IPA kelas V di MI Nurul Islam Kota Banjarmasin. Jenis penelitan ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif, untuk memperoleh gambaran tentang implementasi metode outdoor study pada pembelajaran IPA kelas V di MI Nurul Islam Kota Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru mata pelajaran IPA kelas V dan seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 20 orang di MI nurul Islam Kota Banjarmasin sedangkan objek penelitian ini adalah implementasi metode outdoor study pada pembelajaran IPA kelas V di MI Nurul Islam Kota Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode outdoor study pada pembelajaran IPA kelas V di MI Nurul Islam Kota Banjarmasin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode outdoor study pada pembelajaran IPA kelas V di MI Nurul Islam Kota Banjarmasin sudah terlaksana dengan baik dari seluruh tahapan-tahapan metode outdoor study yaitu pra kegiatan, pendahuluan, pengembangan, penerapan, penutup. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode outdoor study pada pembelajaran IPA kelas V di MI Nurul Islam Kota Banjarmasin yaitu faktor guru, faktor peserta didik, faktor alokasi waktu dan faktor lingkungan.