Penerapan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Visual, Auditori dan Kinestetik (VAK) Tahun Pelajaran 2016/2017
Daftar Isi:
- Syahidah Nafisyah. 2016. Penerapan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Visual, Auditori dan Kinestetik (VAK) Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Bapak Dr. M. Sabirin, S.Pd. M.Si Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa dalam mengungkapkan ide-ide dalam bentuk lisan ataupun tulisan. Model VAK adalah salah satu model pembelajaran yang diyakini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran VAK, mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa tanpa melalui model pembelajaran VAK, mengetahui perbedaan Kemampuan komunikasi matematis melalui model pembelajaran VAK dan tanpa menggunakan model pembelajaran VAK. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach) dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Kurau. Sampel dipilih dengan cara sampling jenuh dan teknik pengumpulan data tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran VAK nilai rata -rata kelasnya adalah 75,90 dan berada kualifikasi baik. Kemampuan komunikasi matematis siswa tanpa melalui model pembelajaran VAK nilai rata-rata kelasnya adalah 64,50 dan berada kualifikasi cukup dan terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis melalui model pembelajaran VAK dan tanpa menggunakan model pembelajaran VAK. Kata Kunci : Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran VAK