Daftar Isi:
  • Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Adobe Flash CS3 merupakan salah satu pengaruh dari faktor eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Adobe Flash CS3 terhadap hasil belajar matematika siswa, khususnya pada materi Pythagoras kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan komparasional, metode eksperimennya yaitu pre-experimental design dan desain penelitiannya one-group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin yang berjumlah 24 orang. Variabelnya yaitu penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Adobe Flash CS3 sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika siswa sebagai variabel terikat. Adapun teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan indeks gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t (t-test). Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Adobe Flash CS3 terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2015/2016 dan di indikasikan dengan perhitungan indeks gain siswa yaitu 0,81 berada pada klasifikasi peningkatan hasil belajar dan pengaruh yang tinggi.