Meningkatkan Hasil Belajar Materi Asmaul Husna Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas II SDN Jirak Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong

Main Author: Hj. Kasmah, Hj. Kasmah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/5415/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/5415/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/5415/
Daftar Isi:
  • Hj. Kasmah. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Asmaul Husna Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas II SDN Jirak Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin. Pembimbing : Dra. Hj. Ikta Yarliani, M.Pd. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II semester 1 pada SDN Jirak Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Jirak Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong pada semester 1 tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 19 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran sesuai dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi Asmaul Husna melalui pendekatan kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berdasarkan hasil observasi diperoleh nilai 96,7% dengan kategori sangat baik, sedangkan aktivitas belajar siswa diperoleh nilai 80,1 dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi Asmaul Husna meningkat. Simpulan penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi Asmaul Husna di kelas II SDN Jirak Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong tahun ajaran 2013/2014. Disarankan kepada guru, hendaknya dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran serta meningkatkan aktivitas siswa baik secara kelompok maupun individu.