Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Membantu mengatasi Masalah Hubungan Sosial Siswa Disekolah menenga pertama Negeri 7 Banjarmasin
Main Authors: | Firdaus, Muhamad Iqbal, Harjito, Rahmat Dwi, Hariyanti, Deni |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LP2M IAIN Antasari Banjarmasin
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/5307/1/COVER.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/5307/2/KATA%20PENGANTAR.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/5307/3/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/5307/4/BAB%20II.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/5307/5/BAB%20III.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/5307/6/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/5307/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/5307/8/LAMPIRAN.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/5307/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi bawasannya keberhasilan suatu lembaga pendidikan tidak terlepas dari peran seorang guru bimbingan dan koseling. Penelitian ini memiliki fokus penelitian dengan sub fokus : Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Membantu mengatasi Masalah Hubungan Sosial Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Banjarmasin, yang meliputi bentuk-bentuk masalah hubungan sosial siswa di sekolah, peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu mengatasi masalah dan faktor-faktor yang mempengaruhi, latar belakang guru bimbingan dan konseling yang meliputi pendidikan, kualifikasi, pengalaman kerja dan sarana prasarana. Tujuan penelitian ntuk mengetahui bagaiman peran konselor dalam membantu mengatasi masalah hubungan sosial siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini guru bimbingan dan konseling. Sedangkan objeknya yaitu peran guru bimbingan dan konseling membantu mengatasi masalah hubungan sosial siswa disekolah menengah pertama negeri 7 banjarmasin. Data dalam penelitian ini meliputi data pokok dan data penunjang. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah guru bimbingan konseling sebagai responden, serta dokumen yang berkaitan. Teknik pengumpulan data menggunakan tenik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tenik pengolahan data dengan editing data, klasifikasi data dan mengolah data. Sedangkan teknik analisis data di lakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Membantu mengatasi Masalah Hubungan Sosial Siswa Disekolah Menengah Pertama Negeri 7 Banjarmasin, meliputi peran guru bimbingan dan konseling membantu mengatasi masalah hubungan sosial siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Banjarmasin, meliputi: pengenalan bentuk masalah, pengenalan peserta didik, pemahaman jenis masalah, pelaksanaan bantuan dan evaluasi sudah dilaksanakan dengan baik. Data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu mengatasi masalah hubungan sosial siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Banjarmasin, meliputi: latar belakang pendidikan sudah memadai, pengalaman kerja sudah cukup memadai, dan sarana prasarana yang tersedia sudah memadai.