Daftar Isi:
  • Wardatul Firdausi, Khairul Bariah dan Ingka Rizza Fadhilah, 2015. Penerapan Lingkungan Bahasa Arab Di Ma’had Al-Jami’ah 1,2 dan 4 (Khusus Mahasantriwati) IAIN Antasari Banjarmasin, Pembimbing Dra. Inna Muthmainnah, MA., Ph. D. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan lingkungan bahasa arab di Ma’hadal-Jami’ah IAIN Antasari Banjarmasin? Adapun tujuan penelitian ini berdasarkan rumusan masalah di atas, yaitu sebagai berikut:Mengetahui penerapan lingkungan bahasa arab di Ma’had al-Jami’ah IAIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan dengan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik –teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah koleksi data, klasifikasi data dan editing data. Subjek dalam penelitian ini adalah murobi/ah, musyrifah bagian bahasa dan mahasantriwati asrama 1, 2 dan 4. Objek dari penelitian ini adalah penerapan lingkungan bahasa Arab di Ma’had al-Jami’ah 1,2 dan 4 IAIN Antasari Banjarmasin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaPenerapan lingkungan bahasa arab di ma’had al-Jami’ah 1, 2 dan 4 sudah berjalan tetapi belum begitu maksimal dalam penerapannya karena banyak faktor-faktor yang menghambat dalam pelaksanaannya. Adapun faktor yang menghambat adalahWaktu pembelajaran yang efektif yang dilaksanakan setelah sholat isya setelah mahasantriwati seharian melakukan kegiatan perkuliahan di IAIN Antasari Banjarmasin, latar belakang mahasantriwati, kurangnya peraturan untuk menegakkan penerapan lingkungan bahasa arab dan kurangnya dana untuk mengadakan sarana dan prasaran terutam untuk mendukung dalam penerapan lingkungan bahasa arab seperti spiker, LCD, televisi saluran luar negeri khususnya saluran arab saudi.