Daftar Isi:
  • Hikmah. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Siti Shalihah, S.Pd., M.S. Kata kunci: Model Learning cycle, Hasil Belajar, IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model learning cycle dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2015/2016. Kelas V A sebagai kelompok eksperimen (menggunakan model learning cycle) dan kelas V B sebagai kelompok kontrol (menggunakan buku teks). Materi yang diajarkan adalah energi dan perubahannya dengan sub bahasan gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya gesek. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai pretest dan nilai posttest sebagai data penelitian. Hasil belajar IPA siswa kelas V di MIN Kertak Hanyar II dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle nilai rata-rata pretest 78,52 dan nilai rata-rata posttest 90,58. Sedangkan hasil belajar IPA siswa kelas V di MIN Kertak Hanyar II dengan tanpa menggunakan model pembelajaran learning cycle nilai rata-rata pretest 76,96 dan nilai rata-rata posttest 81,51. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji U didapat Zhitung= sedangkan Ztabel = 1,960 pada taraf nyata = 5%. Harga Zhitung lebih kecil dari maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas V di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar di mana kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran dengan model konvensional.