Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Konsumen Berbelanja Di Kawasan Wisata Kuliner Mandiri Tepian Sungai Banjarmasin
Main Author: | Fakhrurazi, Fakhrurazi |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/518/1/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/518/2/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/518/ |
Daftar Isi:
- Fakhrurazi.2015.Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Konsumen Berbelanja Di Kawasan Wisata Kuliner Mandiri Tepian Sungai Banjarmasin.Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.Pembimbing: (I) Dr. H. A. Sukris Sarmadi, S. ag, MA (II)Rohana Faridah, SE., MM. Penelitian ini dilatarbelakangi masyarakat Kota Banjarmasin yang memilih untuk datang ke Kawasan Wisata Kuliner Mandiri Tepian SungaiBanjarmasin. Minatmasyarakat tersebut tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah bauran pemasaran(produk, promosi, harga, dan lokasi)terhadap Kawasan Wisata Kuliner Mandiri Tepian Sungai Banjarmasin itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis pengaruh bauran pemasaran (produk, promosi, harga, dan lokasi)terhadap Kawasan Wisata Kuliner Mandiri Tepian Sungai Banjarmasin, yang terdiri dari empat dimensi yaitu: produk, promosi, harga, dan lokasi sebagai variabel independen. Dengan rumusan masalah adalah apakah bauran pemasaran (produk, promosi, harga, dan lokasi) berpengaruhsecara simultan ataupun secara parsial terhadap minat konsumen berbelanja di Kawasan Wisata Kuliner Mandiri Tepian Sungai Banjarmasin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, di mana peneliti menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang datang ke Kawasan Wisata Kuliner Mandiri Tepian Sungai Banjarmasin, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden dengan menggunakan pendekatan Tabachic & Fidell. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa bauran pemasaran (produk, promosi, harga, dan lokasi) mempengaruhi minat konsumen berbelanja di Kawasan Wisata Kuliner Mandiri Tepian Sungai Banjarmasin sebesar 38,3% yang ditunjukkan oleh R Square. Secara simultan (uji f), seluruh variabel bauran pemasaran (produk, promosi, harga, dan lokasi) berpengaruh terhadap minat konsumen berbelanja di Kawasan Wisata Kuliner Mandiri Tepian Sungai Banjarmasin.Secara parsial (uji t), variabel produk, promosi, harga, dan lokasi berpengaruh terhadap minat konsumen berbelanja di kawasan wisata kuliner mandiri tepian sungai Banjarmasin. Dari empat faktor tersebut, ada dua variabel yaitu variabel promosi dan variabel harga yang tidak mempunyai pengaruh yang berarti terhadap minat konsumen berbelanja di kawasan wisata kuliner mandiri tepian sungai Banjarmasin.