Daftar Isi:
  • Rahman, M. Saidi. 2016. Masalah-masalahdalamPengajarandanBelajarBahasaInggristerhadapKemampuanBerbicarauntukKelasSebelas di SMK Bina BanjarmasinTahunAjaran 2015/2016. Skripsi.JurusanPendidikanBahasaInggris. FakultasTarbiyahdanKeguruan.Pembimbing: (1) Drs. H. AhdiMakmur, M.Ag, Ph.D (II) RahmilaMurtiana, S.S, MA. Kata Kunci :masalah eksternal, masalah internal, kemampuanberbahasa Rumusanmasalahdaripenelitianiniadalah: 1) apasajamasalah-masalahdalammengajarbahasaInggristerhadapkemampuanberbicarauntukKelasSebelasjurusanpariwisata I SMK BinaBanua Banjarmasin. 2) apasajamasalah- masalahbelajarbahasaInggristerhadapkemampuanberbicarauntukKelasSebelasjurusanpariwisata di SMK BinaBanua Banjarmasin. Subyekdalampenelitianiniadalah guru dan 20 orang siswakelassebelasjurusan pariwisata di SMK BinaBanua Banjarmasin.Objekpenelitianiniadalahmasalah-masalahdalampengajarandanbelajarbahasaInggristerhadapkemampuanBerbicaradalamKemampuanBerbicarauntukKelasSebelasjurusanpariwisata di SMK BinaBanua Banjarmasin. Dalampengumpulan data, penulismenggunakanteknik-tekniksepertiobservasi, wawamcara, dandokumentasi.Pengolahan data dalampenelitianinidibagimenjadiduatigatahap: editing, klasifikasi, daninterpretasi data. Makasemua data dianalisisdenganmenggunakanmetodedeskriptifdanmenyimpulkandenganmetodeinduktif. Hasil dari penelitian ini ada terdapat masalah eksternal dan internal dalam pengajaran dan belajar bahasa inggris terhadap kemampuan berbicara seperti : (1) masalah eksternal dalam pengajaran adalah bahasa inggris hanya diajarkan 2 jam dalam seminggu, kurikulum yang digunakan tahun2013, lingkungan sekolah yang tidak mendukung dan tidak adanya ekstrakurikuler (2) masalah internal dalam pengajaran seperti : guru kadang-kadang saja berbicara menggunakan bahasa Inggris di dalam kelas, jarang mengajarkan tentang kemampuan berbicara,memberikanumpanbaliksecaralangsungmeskipunumpanbalik yang negative, Siswajarangmerespondaripertanyaan guru dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk mempraktekkan kemampuan berbicara. Sebaliknya,(1) masalah eksternal dalam belajar adalah siswa tidakmemilikiide untukmengucapkansesuatu, pengetahuan yang sangatsedikitdalamberbicara. (2) masalah internal dalam belajar ialah siswa sering tidak dibiasakan untuk berbicara bahasa asing,banyak diam, berbicara sangat sedikit,takut salah, takut di kritik dan malu,kurangnya motivasi,partisipasi yang sangat rendah, sering menggunakan bahasa ibu serta serta ketidakpercayaan diri.