Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Banjarmasin

Main Author: Huda, Rahmatul
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/4944/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4944/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4944/
Daftar Isi:
  • Rahmatul Huda. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Rusdiyah, MHI, (II) Rahman Helmi, S.Ag., M.SI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya masyarakat Kota Banjarmasin yang lebih memilih untuk menyalurkan dana zakat, infak, dan sedekah secara langsung tanpa melalui lembaga resmi yaitu Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Banjarmasin. Persepsi masyarakat tersebut tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya adalah bauran pemasaran BAZNAS Kota Banjarmasin itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap persepsi masyarakat tentang BAZNAS Kota Banjarmasin, yang terdiri dari empat dimensi yaitu: produk, promosi, tempat, dan pelayanan sebagai variabel independen. Dengan rumusan masalah adalah apakah bauran pemasaran (produk, promosi, tempat, dan pelayanan) berpengaruh terhadap persepsi masyarakat tentang BAZNAS Kota Banjarmasin dan faktor mana yang paling dominan pengaruhnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, di mana peneliti menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Banjarmasin, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa bauran pemasaran (produk, promosi, tempat, dan pelayanan) mempengaruhi persepsi masyarakat tentang BAZNAS Kota Banjarmasin sebesar 42,6% yang ditunjukkan oleh R Square. Secara simultan (uji f), seluruh variabel bauran pemasaran (produk, promosi, tempat, dan pelayanan) berpengaruh terhadap persepsi masyarakat tentang BAZNAS Kota Banjarmasin. Secara parsial (uji t), variabel produk, promosi, tempat, dan pelayanan berpengaruh terhadap persepsi masyarakat tentang BAZNAS Kota Banjarmasin. Dari empat faktor tersebut, variabel tempat yang berpengaruh paling dominan terhadap persepsi masyarakat tentang BAZNAS Kota Banjarmasin.