Meningkatkan Penguasaan Hukum Tajwid Melalui Strategi Pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Bagi Siswa Kelas IV MIN Halayung Kabupaten Hulu Sungai Selatan
Main Author: | Hudari, Ahmad |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/4929/1/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/4929/2/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/4929/ |
Daftar Isi:
- Ahmad Hudari. 2013. Meningkatkan Penguasaan Hukum Tajwid Melalui Strategi Pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Bagi Siswa Kelas IV MIN Halayung Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Skripsi Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah IAIN Banjarmasin, Pembimbing : (I) Drs. H. Burdjani As, M. Ag Kata kunci : Meningkatkan, Hukum Tajwid, Strategi Pembelajaran, Card Sort Tujuan penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan penguasaan siswa pada hukum tajwid dan strategi pembelajaran Card Sort mempengaruhi terhadap penguasaan hukum tajwid bagi siswa di kelas IV MIN Halayung Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Pelaksanaan perbaikan dilaksanakan 2 siklus. Hasil penelitian ini diperoleh dari (1) pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan oleh guru pada siklus 1 sebesar 80% dan siklus 2 sebesar 96,67% dengan demikian pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan. (2) keaktifan siswa dalam pembelajaran pada siklus 1 sebesar 82,5% dan siklus 2 sebesar 97,5% dengan rata-rata 2 siklus yaitu 90%. (3) hasil belajar siswa terhadap materi hukum tajwid yang telah dipelajari juga menunjukkan prestasi yang selalu meningkat dari siklus 1 mencapai angka 6,35 dan pada siklus 2 menjadi 7,70. Pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran card sort dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman/pengetahuan siswa kelas IV MIN Halayung dengan baik serta tingkat kemampuan anak sudah dapat diklasifikasikan sehingga memudahkan guru dalam mengajar.